Menginstall Server Di Komputer / Laptop Ber-OS Windows

Menginstall Server Di Komputer / Laptop Ber-OS WindowsUntuk mendukung web development diperlukan sebuah server uji coba. Sayang jika kita hanya membeli fasilitas hosting hanya untuk mencoba menginstall Joomla, Wordpress, ModX, BBForums, dan script lainnya. Karena itulah dilakukan pengembangan program komputer yang dapat mem-virtualisasi server tersebut, mengepaknya agar sesuai dengan kemampuan komputer/laptop yang kita miliki.


Salah satu dari software tersebut adalah XAMPP. Dengan meng-install XAMPP di komputer/laptop kita dapat menikmati fasilitas-fasilitas utama server seperti Apache, PHP, dan MySQL. Program ini juga bersifat portable, artinya kita dapat menginstall-nya ke flashdrive dan memory card agar dapat digunakan dan dijalankan di komputer lain. Hal tersebut sangat membantu saya dalam memberikan preview karya kepada klien saya.

Installasi XAMP
Dengan menggunakan OS Windows XP Home Edition SP2, saya akan menunjukkan bagaimana cara menginstall XAMP ke dalam Windows. Pertama download program XAMPP. Simpan ke tempat yang mudah diingat supaya tidak Hilang.

Setelah itu jalankan installer programnya, klik 2x.

Maka akan muncul jendela untuk meng-install XAMPP. Jika anda ingin menentukan direktori tempat XAMPP diinstall tekan tombol "browse". Setelah itu tekan "install".


 Mari menunggu beberapa saat sampai proses selesai. Selama menunggu jangan melakukan proses apapun di komputer/laptop anda agar proses instalasi berjalan dengan lancar. Setelah selesai prosesnya kita akan dituntun ke lembah kegelapan proses selanjutnya, yaitu melalui cmd. Di proses ini kita akan diberi beberapa pertanyaan, saya akan menerjemahkannya satu persatu. Untuk jawaban jika ya maka ketik [y] jika tidak ketik [n] lalu tekan [enter].

Pertanyaan #1 : Apakah program ini dapat menambah shortcut program di Startmenu/desktop ?
Pertanyaan #2 : Bolehkah program ini mencari lokasi XAMPP dengan benar?
Pertanyaan #3 : Apakah anda menginginkan program ini berjalan tanpa drive letter? (lihat penjelasan dibawah)
Pertanyaan #4 : Program ini telah menetapkan waktu "Asia/Krasnoyarsk" di "my.ini". Apakah hal ini sudah betul?

Catatan : Untuk pertanyaan ke 3 ada dua pilihan dalam penggunaan drive letter. Jika anda menginstall XAMPP secara portable jawablah dengan [n]. Tetapi jika ingin menginstall di komputer secara permanen pilih [y].

Pada  pertanyaan terakhir tekan [1] kemudian tekan [enter]. Jika muncul XAMPP Control Panel. maka instalasi XAMPP anda berhasil dilakukan. Jika terjadi error, uninstal XAMP lalu lakukan install yang kedua.



Demikian sedilit info dari saya. Jika anda memiliki saran dan kritik jangan sungkan-sungkan untuk mengisi komentar dibawah ini atau hubungi saya melalui email di arifjbg@gmail.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sip

Anonim mengatakan...

keduluan deh... baru saja selesai posting xampp kemarin ini

Posting Komentar